No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

8 Rekomendasi Buku Bahasa Inggris tentang Islam

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarHenakhan.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu rekomendasi buku bahasa inggris yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan dan pemahaman skill membaca kosakata, frasa, dan kalimat lewat buku.

Ada banyak cara untuk mempelajari, menguasai, dan melatih keahlian berbahasa Inggris. Jika kamu ingin meningkatkan english reeading skill, membaca buku bahasa Inggris akan sangat cocok dengan tujuan belajar tersebut.

Maka dari itu, saya telah membuat 8 list rekomendasi buku bahasa Inggris tentang Islam yang cocok untuk muslim dan muslimah, kamu bisa dapet dua manfaat sekaligus, yakni; melatih skill reading dan menambah wawasan keislaman lewat media buku yang ada di konten ini.

8 Rekomendasi Buku Bahasa Inggris tentang Islam

Bagi pembaca yang sedang mencari buku bacaan untuk muslim dan muslimah, novel atau buku yang ada di daftar konten ini bisa saja cocok dengan preferensi cerita, nilai, dan aspek islam di dalamnya. Tak perlu membaca semuanya, cukup pilih satu atau beberapa buku yang kamu suka dari list ini:

1. Amina's Voice

Amina's Voice adalah novel dengan genre fiksi karya Hena Khan. Novel ini mengisahkan tentang gadis Pakistan-Amerika bernama Amina yang berjuang mempertahankan identitas agama dan budayanya dengan tempatnya belajar yang ada di Amerika.

Selama di sekolah, Amina punya beberapa sahabat, sebutlah Soojin, yang kemudia sahabatnya ini bergaul dengan Emily (Gadis populer di kelasnya) yang punya ide untuk merubah namanya menjadi sesuatu yang lebih "Amerika". Hal inilah yang membuat Amina gelisah, haruskah ia tetap berpegang teguh dengan agamanya atau merelakannya demi bisa menyesuaikan diri di lingkungan pertemanan di sekolahnya?

Disaat yang sama, Amina pun sedih ketika masjid lokal dekat rumahnya dirusak. Semua pertanyaan bergumul di pikiran gadis remaja ini. Ingin tahu kelanjutan ceritanya? Kamu bisa baca buku Amina's Voice ya.

2. Lailah's Lunchbox: A Ramadan Story

Kedua, ini adalah buku anak karya Reem Faruqi. Lailah's Lunchbox mengisahkan gadis kecil yang dulunya tinggal di Abu Dhabi pindah ke Amerika untuk merasakan Ramadan pertamanya di negara ini. Tapi si gadis kecil ini khawatir apakah guru dan teman sekolahnya akan mengerti dengan gaya hidupnya sebagai muslim yang harus berpuasa.

3. My Grandma & Me

Buku ketiga adalah karya buatan Mina Javaherbin. Buku ini berkisah tentang kehidupan penulis bersama neneknya di Iran. Selama disini, pembaca akan diajak mengenali budaya dan agama Islam dengan ilustrasi yang menarik sehingga tidak akan bosan saat membacanya.

4. Amazing Muslim Who Changed The World

Rekomendasi buku ke-4 ini bisa jadi buku yang cocok untuk mengenalkan tokoh-tokoh berpangaruh di dunia Islam kepada anak-anak. Karena sekarang, di buku pengetahuan umum, jarang dijelaskan soal pengaruh tokoh islam, oleh karena itu, buku ini cocok untuk si kecil yang ingin mengenal tokoh-tokoh Islam.

5. Who Speaks for Islam? What a Billion Muslims Really Think

Kelima, ada buku nonfiksi karya John L. Esposito And Dalia Mogahed. Buku ini berisi hasil survei terhadap umat Islam di seluruh dunia tentang stereotypes atau pandangan negara barat dan medianya yang keliru terhadap 1.3 miliar orang muslim diserluruh dunia. Dengan membaca buku ini, kamu jadi tahu bahwa apa yang dinarasikan oleh negara barat dan kebijakannya terhadap muslim adalah salah.

6. Muslims of The World

Buku ini mengisahkan bagaimana perjuangan muslim yang tinggal di AS dan negara lain yang masyarakatnya bukan mayoritas Islam. Dari buku ini, kamu akan mempelajari bagaimana muslim dibelahan dunia lain hidup dan menjalankan agamanya dengan perjuangannya masing-masing.

7. Girls of Riyadh

Buku fiksi ini ingin akan mengenalkanmu 'rahasia'bagaimana kehidupan pribadi para perempuan yang tinggal di Arab Saudi dan konflik yang mereka alami ternyata bertolak belakang dengan tradisi budaya negara tersebut.

8. Once Upon an Ied: Stories of Hope and Joy by 15 Muslim Voices

Rekomendasi terakhir juga merupakan buku fiksi yang mengisahkan 15 cerita pendek tentang cara 15 muslim merayakan idul fitri di negara yang berbeda-beda.

Nah itu dia 8 rekomendasi buku bahasa Inggris dengan tema Islam yang layak kamu jadikan bahan bacaan untuk melatih english reading skill kamu. Kalau kamu, tertarik baca buku yang mana?