No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Tips Lancar Ngobrol Bahasa Inggris Sehari-hari untuk Pemula!

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarFreepik.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu cara efektif dan jitu agar bisa lancar ngomong bahasa Inggris dalam aktifitas keseharian

Punya keahlian lancar berbicara bahasa Inggris bisa sangat menguntungkanmu lho. Kamu bisa kuliah dan kerja di luar negeri, bisa jadi tutor bahasa inggris di tempat les atau buka privat mandiri, atau dapetin skor tertinggi mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah.

Apapun tujuanmu, kamu harus ambil langkah pertama untuk berani mencoba, praktek berulang kali, dan mengevaluasi proses belajar kecakapan komunikasi bahasa Inggrismu dari sekarang.

Membaca konten ini bisa jadi titik awal kamu jadi versi terbaikmu dan selangkah lebih maju untuk menjadi mahir English Speaking. Mari disimak tips belajar bahasa Inggrisnya.

Tips Lancar Ngomong Bahasa Inggris Keseharian untuk Pembelajar Bahasa Pemula

Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi selama menekuni proses belajar bahasa Inggris secara otodidak, kuliah di jurusan pendidikan b.inggris, atau bahkan aktif di komunitas b.inggris.

Semoga ada tips yang cocok buat kamu ya dan bisa dipraktekkan dengan mudah.

1. Pelajari Kosakata B.Inggris Sesuai Kebutuhan

Ada yang bilang kalau kamu harus menghafalkan sebanyak mungkin kosakata kalau mau mahir berkomunikasi bahasa Inggris.

Tapi kata "Sebanyak mungkin" ini nggak ada alat ukurnya, yang ada pembelajar bahasa salah mengartikan hal tersebut dan waktunya habis untuk mempelajari ratusan, ribuan dan jutaan kosakata tanpa tau kapan ia bisa mulai praktek speaking-nya.

Sebenarnya nasihat itu nggak sepenuhnya salah, tapi untuk pembelajar pemula lebih disarankan mempelajari kosakata sesuai kebutuhan dan konteks percakapan yang ingin dikuasai.

Misalnya, kamu ingin latihan ngobrolin soal buah-buahan yang kamu sukai dengan temanmu. Cukup pelajari kosakata yang masuk kategori tersebut. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus belajar dan latihannya.

Di website ini, saya sudah membuatkan kelas 100 kosakata bahasa Inggris sehari-hari yang fokus pada 1 konteks bahasan agar pengunjung yang mau belajar kosakatanya bisa langsung menguasainya setelah selesai membaca isi kontennya, ini kontennya: kelas kosakata bahasa Inggris.

2. Fokus Pelajari Frasa & Kalimat Bahasa Inggris Lewat Dialog Sesuai Konteks yang Kamu Butuhkan

Nyata-nya konten daily conversation, dialog, atau kosakata yang disajikan di internet mengklaim bahwa isi kontennya terlengkap, tapi ketika kita membuka isi kontennya kita tidak bisa menemukan dialog dengan tema yang kita inginkan.

Misalnya kamu pecinta kucing dan hewan lainnya, kamu hanya tinggal mencari konten dialog bahasa Inggris tentang hewan peliharaan. Baca kontennya, pahami bentuk kalimatnya, praktekkan isi dialognya, as simple as that.

3. Dapatkan Input Bahasa Inggris yang Baik dari Sumber yang Orisinil

Nggak ada yang salah dengan belajar bahasa Inggris dari teman, guru sekolah, bimbel, privat, atau otodidak. Tapi realistis saja, kamu kan mau bisa lancar ngobrol bahasa Inggris, biar maksimal, kamu perlu dapat input bahasa Inggris dari narasumber asli yang menggunakan bahasa tersebut.

Sesuaikan saja dengan preferensimu ya, kamu bisa mengambil narasumber dari inggris, amerika, australia, atau negara lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Nggak perlu kursus dengan native speaker kalau bujetmu terbatas, karena kamu bisa mendapatkan input bahasa Inggris gratis dari para native speaker yang membuat konten edukasi b.inggris di kanal youtube, website, dan platform digital lainnya.

4. Praktekkan Materi Percakapan Bahasa Inggris yang Sudah Kamu Pelajari

Nggak, saya nggak akan nyuruh kamu ngomong sendiri di depan cermin, karena ada cara yang lebih efektif dan rewarding yang bisa kamu lakukan dan disesuaikan dengan kepribadianmu.

Untuk ekstrovert, kamu bisa membuat kanal youtube dengan fokus konten daily conversation. Untuk introvert, kalau kamu suka menulis, kamu bisa membuat konten artikel seperti saya di web ini.

Setiap kali kamu belajar 1 hal baru, kamu bisa buat kontennya, secara tidak langsung kamu akan membuat konten yang mudah dipahami orang lain, ya, mengajarkan orang lain agar bisa mendapatkan ilmu yang sama denganmu.

Proses ini akan mengkondisikan kamu untuk belajar secara berkelanjutan dan membuatmu terbiasa untuk berlatih, mengajari orang lain lewat konten, pemahamanmu terkait ilmu tersebut akan semakin mendalam, dan memudahkanmu ngobrol dalam bahasa Inggris.

Selain membuat video youtube dan artikel web, kamu bisa buat podcast di spotify dan platform lainnya yang menurutmu cocok.

Sebenarnya, terlepas kamu introvert atau ekstrovert, hal ini tidak jadi masalah, toh saya yang introvert aja aktif mengikuti lomba debat bahasa Inggris, jadi juri, hingga melatih murid yang ingin memenangkan lomba English debate. Dari skema ini, saya jadi punya banyak sesi untuk praktek ngobrol bahasa Inggris dengan murid saya di kelas privat, sekolah, atau kampus.

5. Opsional: Ikuti Kegiatan Berbahasa Inggris di Lingkungan Kamu

Well, lingkungan kita emang nggak ada yang pakai bahasa Inggris sebagai bahasa pertama, meski begitu, kamu bisa ikut komunitas bahasa Inggris, english club di sekolah, ukm debat bahasa Inggris di kampus, atau bisa juga buat program sendiri bareng teman sekelas seperti English Day, dimana kamu dan temanmu wajib ngobrol bahasa Inggris selama hari tertentu.

Kesimpulan: Praktek Percakapan memang Penting, Tapi Pastikan Kamu Melakukannya dengan Benar

5 tips ini saya lakukan dari saya SMA hingga lulus kuliah S1 bahasa Inggris. Jika ada satu atau beberapa tips yang cocok dengan gaya belajarmu, semoga hal itu bisa bermanfaat dan memberikan progress positif untuk kemampuan komunikasi bahasa Inggrismu ya.